Mbah Sugiyem

Strong Old Lady




Sugiyem.
Demikian ia menjawab ketika kutanyakan nama.
Mbah Sugiyem.
Demikian aku memanggilnya. Usianya saat ini 70 tahun lewat.  Sudah senja terlihat dari garis-garis wajah dan gigi yang tinggal satu.

Meski demikian, semangatnya masih sangat menyala-nyala di usia yang senja.  Aktifitasnya masih tetap tinggi.  Pagi bangun dini hari mempersiapkan menu istimewa gudhangan, baceman, opor untuk dijual  pagi mulai jam 06.00 sampai jam 09.00 WIB.   Pekerjaan ini sudah dilakoninya bertahun-tahun. Dan mungkin juga monoton alias begitu-begitu terus.  Gudhangan Mbah Sugiyem Kidul Rel Sepur.  Demikian saya namai warungnya.  Mbah Sugiyem adalah Founder, Owner, CEO, COO, CFO, sekaligus Master Cheff.

Selesai mempersiapkan menu maka acara mangsak memasak akan dimulai oleh Mbah Sugiyem.  Mulai dari masak tahu tempe bacem, tahu tempe telur opor bumbu kuning, bumbu gudhangan, hingga sayuran.  Selesai masak istirahat sebentar, dilanjutkan menata dagangan di gerobak dorong yang sekaligus menjadi dasaran warungnya.   Biasanya pelanggan sudah menunggu di lokasi Mbah Sugiyem bukak dasaran.

Mbah Sugiyem melayani pelanggan setia yang mampir ke warungnya.

Kata Mbah Sugiyem pelanggan yang datang biasanya sudah langganan lama dan sering kembali mampir ke  warungnya untuk menikmati menu gudhangan.  Satu paket gudhangan tanpa nasi 3000 perak, baceman 500 perak, opor tahu tempe 500 perak, gorengan 500 perak.  Mbah Sugiyem menyebut  masakannya sendiri istimewa karena diolah tradisional dan menggunakan bumbu pilihan.  Aku percaya saja.  Karena memang unik dan enak terutama gudhangan dan bacemannya.  Aku tanya, ini kok bacemnya enak gurih, to, Mbah.  Dia jawab kalau  baceme Simbah ki istimewa.  Yang aku suka dari gudhangan Mbah Sugiyem adalah penyajian bumbunya dipisah antara bumbu gudhang dan bumbu pedes.

Sayangnya anak-anaknya tidak ada yang meneruskan.

Terus berbahagia dan sehat selalu,  ya Mbah Sugiyem.  Gusti Allaah paring berkah.

 

Lokasi

Jl. Timoho No.108 C, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

Buka Jam 06.00 – 09.00 WIB

 

Peta

https://goo.gl/maps/aupXCbp28gG2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*